Ticker

6/recent/ticker-posts

Bendungan Karao Batu Putih Bartim, Menjadi Perhatian Gubernur Kalteng



ekspostborneonews.online // Gubernur Kalimantan Tengah, H.Sugianto Sabran, akan mengusulkan Bendungan Karau di Desa Batu Putih, Kecamatan Dusun Tengah, Kabupaten Barito Timur, untuk diperluas sehingga bisa mengaliri persawahan hingga 6.000 sampai dengan 7.000 hektar.

 ‘’Saya berharap Bendungan Karau ini mendapat bantuan dan perhatian Pemerintah Pusat melalui Dana DAK dari Kementrian PUPR,’’ kata Gubernur H.Sugianto Sabran, saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, dipublikasikan 5/12/21

 Kunjungan Gubernur kali ini dalam rangka meninjau Bendungan Karau yang berada di Desa Batu Putih, Kecamatan Dusun Tengah. Disela-sela peninjauan Gubernur mengatakan potensi pertanian di Barito Timur sangat luar biasa dengan adanya bendungan karau milik Kementerian PUPR. 

Gubernur berharap kedepannya bendungan ini mendapat perhatian dari Pemerintah Pusat, pertanian di kawasan Bendungan Karau pengembangannya mampu dilakukan secara maksimal.

Presiden RI Joko Widodo melalui Kementerian Pertanian telah mempercayakan Prov. Kalteng melaksanakan program pengembangan food estate sebagai daerah yang diharapkan menjadi lumbung pangan baru di luar Pulau Jawa. 

Kawasan lokasi lumbung pangan tersebut berada di Kabupaten Pulang Pisau di lahan seluas 10 ribu Ha dan Kabupaten Kapuas di lahan 20 ribu Ha. H. Sugianto Sabran, dengan demikian  Kabupaten Barito Timur bisa menjadi bagian dari Food Estate. 

Bendungan Karau disebut juga sebagai Bendungan Batu Putih, karena lokasinya yang terletak di Desa Batu Putih dan di dalam wilayah Kecamatan Dusun Tengah. 

Bendungan Karau ini merupakan hulu Sungai Karau yang tak kalah indahnya Bendungan Tampa yang ada di Desa Tampa, Kecamatan Paku Raya. Fungsinya pun juga sama yakni sebagai irigasi untuk areal persawahan di sepanjang Sungai Karao. 

Saat ini, bendungan Karau menjadi salah satu tempat wisata di Kalteng yang banyak dikunjungi wisatawan. Selama kunjungan di Kabupaten Barito Timur, Gubernur didampingi Bupati Barito Timur Ampera Y. Mebas, Kepala Perangkat Daerah terkait Provinsi dan Kabupaten.

Bupati Bartim Ampera Y. Mebas " terima kasih atas kunjungan Gubernur Kalteng bersama jajaran Perangkat Daerah Provinsi Kalteng dan rencana usulan penambahan perluasan bendungan Karao untuk dijadikan pertanian food estate." Tuturnya.

Pewarta. : Elsa
Sumber.  : Liputan Ekbnews

Posting Komentar

0 Komentar