Ticker

6/recent/ticker-posts

Rakor Dan Evaluasi Penmad, Dibuka Kakawil Kemenag Provkalteng, Jadikan Pendidikan Islam Moderasi Beragama



ekspostborneonews.online /// Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah, H. Noor Fahmi membuka kegiatan Rapat Koordinasi dan Evaluasi Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Kalteng di Hotel Aria Barito, Sabtu (22/1/2022), Malam.

Acara yang turut dihadiri oleh Kepala Kankemenag Kab/Kota se-Kalimantan Tengah, Kasi Penmad, Kepala MAN, MTsN, dan MIN se-Kalimantan Tengah tersebut seyogyanya juga dihadiri oleh Direktur KSKK Madrasah Dirjen Pendis Kemenag RI, H. Moh Isom. Namun karena terkendala agenda lainnya, sehingga dapat hadir keesokan harinya. Hal itu disampaikan langsung oleh Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Kalteng yang juga sekaligus Ketua Panitia, Achmad Farichin dalam laporannya di hadapan para peserta yang hadir.

“Karena beliau ada agenda lain yang tidak bisa ditinggal, jadi pada esok hari dapat bisa bersama sama dengan kita” ungkap Achmad Farichin.

Dikatakan Farichin, Kegiatan yang diagendakan dari tanggal 22 s/d 24 Januari 2022 tersebut akan membahas sejumlah penyampaian atau pengkorrdinasian lebih lanjut dengan program KSKK yang sedang berlangsung, termasuk salah satu diantaranya adalah program kerjasama dengan Bank Dunia.

Farichin menambahkan, bahwa tahun ini akan bersama melakukan kerja sama dengan Penerbit Erlangga berkaitan dengan perpustakaan digital.

“Hal ini (red:perpustakaan digital) telah dilakukan oleh Kota Palangka Raya, yang dimana di era saat ini dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat, sehingga peserta didik madrasah juga mampu untuk mengikuti perkembangan tersebut” ungkap Farichin.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Kalteng dalam sambutan dan arahannya, menginginkan agar pelaksanaan acara ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin. Kakanwil menyampaikan tentu banyak hal yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya atau program yang tidak bisa dilaksanakan sebelumnya baik kendala-kendala yang dialami ataupun hal yang baru.

“Harus bisa mengkombinasikan kan memilih dan memilah mana yang harus dilaksanakan oleh Kantor Wilayah dan kemudian di sinkronisasi semua, sehingga nantinya sampai akhir tahun bisa terlaksana dengan baik” tandas Kakanwil.

Disela sambutannya, Kakanwil juga menyampaikan tentang Moderasi Beragama dan juga menyinggung transformasi digital yang dimana mau tidak mau, suka tidak suka harus diikuti oleh seluruh Madrasah.

“Sekarang serba digital, banyak guru dapat mencari materi di internet. Jangan sampai ada guru yang tidak bisa menguasai itu” imbuh Kakanwil.

Kakanwil juga mengingatkan untuk seluruh Kepala Madrasah yang hadir, agar juga menanamkan sikap cinta tanah air, serta jiwa berbangsa dan bernegara kepada seluruh peserta didiknya. Hal tersebut harus sudah ditanamkan sejak mengenyam pendidikan di tingkat Madrasah.

Acara Pembukaan yang berlangsung dengan penuh kehangatan tersebut diakhiri dengan pemukulan Gong oleh Kakanwil Kemenag Kalteng yang didampingi Kabid Pendidikan Madrasah yang menandakan dimulainya acara dan diakhiri dengan foto bersama dengan seluruh hadirin yang hadir.

 Pewarta. : Manghadiboy

Sumber    : humkamenagkalteng/Ittung                         Handoyo

 


Posting Komentar

0 Komentar