Ticker

6/recent/ticker-posts

Kunker : Pemkab Barito Timur Ke Prov.Kalbar Stady Banding Mutu Karet Rakyat


ekspostborneonews.online /// Kabupaten  Kunjungan kerja (Kunker) Pemerintah kabupaten (Pemkab) Barito Timur (Bartim) provinsi Kalimantan Tengah dalam rangka studi banding peningkatan mutu Bahan olah karet rakyat (Bokar) dan pemasaran hasil disambut baik oleh Pemerintah provinsi (Pemprov) Kalimantan Barat (Kalbar).

Rombongan yang terbentuk dalam satu tim yang disebut Tim Ekonomi Kerakyatan dari Bartim ini mencakup dari beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Bartim, yakni dari Dinas Pertanian dan Perkebunan, Dinas Peternakan, Perdagangan, Koprasi dan Kominfo serta berapa instansi terkait yang di ketuai olek Sekretaris daerah kabupaten Barito Timur, pada Rabu pagi (09/02/2022).

Pada kunjungan pertama rombongan dari kabupaten Bartim yang di gelar dalam gedung aula Dinas Perkebunan dan Peternakan provinsi Kalbar ini disambut bai' oleh jajaran Pemprov Kalbar yang dipimpin langsung oleh Asisten II, Drs Junaidi,MM didampingi Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan, Ir.M.Munsif,MM beserta jajaran dan turut dihadiri pihak perusahan yang mengelola pertanian dan perkebunan.

Pada kesempatan tersebut, dalam sambutan Bupati Bartim, Ampera AY Mebas,SE.,MM menuturkan tujuan pada kunjungannya serta mengajak pihak investor untuk bekerjasama dengan Pemkab Bartim.

"Intinya pada kunjungan ini adalah melihat potensi dalam peningkatan mutu Bokar dan pemasaran hasil. Saya juga mengajak pengusaha atau investor untuk bekerjasama dengan Pemkab Bartim," ajak Bupati.

Sementara, Sekretaris daerah provinsi Kalbar, dr.Harisson, M. Kes, melaui asisten II beserta jajaran menyambut baik pemaparan Bupati Bartim dan tujuannya dalam menjalin hubungan baik antar pemerintah Kalteng dan Kalbar.

"Saya, selaku Sekretaris Daerah Provinsi
Kalimantan Barat dan atas nama Pemerintah Provinsi Kalbar, menyampaikan ucapan selamat datang
kepada Bapak Bupati Barito Timur beserta rombongan ke Pontianak Kalimantan Barat. Semoga kunjungan ini dapat mempererat tali silahturahmi antar provinsi di Pulau Kalimantan," sebut Junaidi. 

Lebih lanjut dikatakan Asisten II, Kunjungan ini juga mempunyai arti penting, dimana pembangunan infrastruktur di Pulau
Kalimantan terutama Pembangunan Jalan Trans Kalimantan telah menyatukan pulau Kalimantan
secara keseluruhan.

Selain jalan trans Kalimantan tersebut,
Kalimantan Barat juga mempunyai aksesibilitas darat yang sangat baik ke Negara Bagian Sarawak, ke
Sabah hingga Brunei Darussalam melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) terutama di Entikong Kabupaten
Sanggau dan Badau di Kabupaten Kapuas Hulu.

"Selain 2 PLBN tersebut terdapat PLBN Aruk di
Kabupaten Sambas dan 2 PLBN yang sedang
dibangun, yaitu PLBN Jagoi Babang di kabupaten Bengkayang dan PLBN Jasa di Kabupaten Sintang," jelasnya.

Diteruskan Junaidi, tahun 2022 diharapkan merupakan momentum
bersama pertumbuhan Perekonomian Kalimantan Barat dan Nasional setelah pemulihan ekonomi pada
tahun 2021 dari dampak Pandemi Covid 19, yang semua ditandai dengan pertumbuhan ekonomi positif pada Triwulan Il tahun 2021 sebesar 10,81 % (Kalbar) dan
7,07 % (Nasional). 

"Secara keseluruhan Ekonomi Kalimantan Barat kumulatif triwulan III-2021 terhadap
kumulatif triwulan III-2020 mengalami pertumbuhan sebesar 4,95 persen (c-to-c). Dari sisi produksi, pertumbuhan terbesar terjadi pada Lapangan Usaha Jasa Kesehatan dan Kegiatan Sosial sebesar 51,17
persen," ungkapnya. 

Sementara dari sisi pengeluaran hampir
komponen mengalami pertumbuhan
pertumbuhan tertinggi terjadi pada Komponen Ekspor Barang dan Jasa sebesar 8,81 persen, lanjut Junaidi membacakan kata sambutan.

Menurut Junaidi, yang menggembirakan juga peningkatan laju
pertumbuhan ekonomi Kalbar juga disertai
terkendalinya inflasi, dimana inflasi Kalbar pada tahun 2021 hanya sebesar 1,45% dan inflasi bahan makanan yang biasanya menjadi perhatian khusus
hanya sebesar 1,94%. Pulihnya perekonomian
Kalimantan Barat pada tahun 2021 salah satunya didorong oleh peningkatan ekspor Kalimantan Barat.

Usai membacakan sambutan dan menyampaikan maksud dan tujuan pada masing-masing, kegiatan dilanjutkan dengan saling memberikan cendramata dari masing-masing khas daerah.

Pewarta. :. Elsa

Posting Komentar

0 Komentar