Ticker

6/recent/ticker-posts

Gelar : Pembelajaran Pendidikan Politik Kebangsaan di Barito Selatan, Dilaksanakan Bakesbangpol Provkalteng

ekspostborneonews.online ///Kabupaten Barito Selatan- 
Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Gelar Pembelajaran Pendidikan Politik Kebangsaan di Barsel. Pemilihan Kepala Daerah secara serentak digelar pada Tahun 2024.


Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) di Kabupaten Barito Selatan (Barsel) menggelar pendidikan politik kebangsaan dalam meningkatkan partisipasi pada Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara serentak tahun 2024 mendatang.
Kegiatan tersebut dihadiri oleh para partai politik (Parpol) organisasi masyarakat (Ormas), mahasiswa dan pelajar di kabupaten setempat yang berjumlah kurang lebih 100 orang. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Badan Perencanaan Daerah (Bapeda) Kabupaten Barito Selatan Jumat, (04/03/2023).

"Adapun kegiatan ini sebagai langkah upaya pemerintah provinsi dan kabupaten untuk meningkatkan partisipasi pemilih agar target yang tadinya 70 persen setelah adanya program pendidikan ini mengalami penaikan 90 persen pada 2024 nanti," ucap Plt Kepala Bakesbangpol Provinsi Kalteng Andi Arsyad ST kepada awak media ini.

"Peningkatan partisipasi pemilih Pemilu tersebut, baik itu di tingkat legislatif, Pilbub, Pilgub, pilwalikota, Pilpres pada 2024 mendatang. Yang tentunya akan digelar secara serentak pada tahun itu,
" paparnya.

Ditempat yang sama, Kepala Bakesbangpol Barsel Edi Suharto, S sos menambahkan, kegiatan yang dilaksanakan ini cukup strategis dilaksanakan di Barsel. Dan pihaknya  mengucapkan terimakasih kepada Bakesbangpol Provinsi Kalteng yang meletakkan pelaksanaan kegiatan ini di Barsel.

Lanjut dia, masa jabatan bupati dan wakil bupati kabupaten setempat sebentar lagi berakhir. Oleh karena itu, di momentum pelaksanaan kegiatan ini tentunya dinilai sangat tepat dalam sosialisasi perihal dimaksud tersebut.

"Sehingga partisipasi pemilih pada 2024 mendatang mengalami penaikan secara signifikan. Oleh karena itu pembelajaran kegiatan ini sangat penting sekali bagi Barsel," tuturnya

Edi menambahkan, di momentum  kegiatan yang dilaksanakan ini, harapannya para pemilih pemula bisa mengerti apa yang harus dilakukan ketika menjadi pemilih pemula dalam memilih pemimpin.

"Artinya bagaimana pada 2024 nanti pemilih pemula menjadi pemilih cerdas dalam memilih pemimpin. Maksudnya mereka nanti tidak hanya sekedar bisa memilih, namun nantinya mereka betul - betul bisa memahami siapa yang harus dipilih," katanya.

Ditempat yang terpisah, Ketua DPC AWPI Barsel Ade Soebara Noor mengatakan, adanya terkait dengan Ormas, sebagaimana pasal 1 Ayat 1, UU Nomor 17 Tahun 2013, sebagaimana diubah dalam UU Nomor 16 Tahun 2017 terkait dengan asas pada Pasal 2, tidak bertentangan dengan Pancasila dan UUD NKRI Tahun 1945.

Sedangkan pada Pasal 3, Ormas dapat mencantumkan ciri tertentu yang mencerminkan kehendak dan cita - cita Ormas yang tidak bertentangan dengan Pancasila dan UUD NKRI Tahun 1945.

"Dengan sifat sebagaimana pasal 4, sukarela, sosial, mandiri, nirlaba, dan demokratis. Dengan tujuan berdasarkan Pasal 5, dan sebagaimana Kewajiban Ormas yang dijelaskan pada Pasal 21," tegasnya.

Sambung dia lagi, diatur juga terkait dengan ketentuan larangan Ormas, baik itu sifatnya larangan yang luar biasa atau berat. Tidak hanya itu saja, terkait perihal dimaksud tersebut juga mengatur tentang pengawasan Ormas dan media massa pada Pilkada di Kalteng.

Ormas adalah Organisasi yang didirikan dan dibentuk oleh masyarakat secara sukarela berdasarkan kesamaan aspirasi, kehendak, kebutuhan, kepentingan, dan tujuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan demi tercapainya tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan Undang - Undang Dasar 1945.

Dan tujuan semua itu agar kegiatan yang dilakukan oleh Ormas, LSM, Paguyuban dan masyarakat ikut terlibat menjaga kedamaian di Kalteng pada masa Pemilu serentak pada 2024 mendatang.

"Oleh karena itu Kami Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) Barsel, sangat mendukung dan antusias dengan digelarnya kegiatan ini," demikian pungkas Ade Soebara Noor yang akrab disapa Ade Karena ini.

Pewarta : Assjian
Sumber : Andi Arsyad ST, Edi Suharto, S sos, dan Ade Soebara Noor.

Posting Komentar

0 Komentar