Ticker

6/recent/ticker-posts

lSiswa SMKN 1 Kurun PKL di Balai Benih Ikan Kurun Seberang

ekspostborneonews.online/// Kabupaten Gunung Mas – Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Gunung Mas menerima siswa Praktik Kerja Lapangan (PKL) Kelas XI Jurusan Agribisnis Perikanan Air Tawar SMKN 1 Kuala Kurun sebanyak 44 orang.

“Siswa SMKN 1 Kurun ini akan melakukan PKL di Balai Benih Ikan (BBI) di Kurun seberang selama 6 (enam) bulan,” ucap Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Hansli Gonak, Selasa (2/2/2022).

Disampaikan, selama dalam pendidikan di sekolah banyak teori yang dipelajari, namun selama PKL mereka terjun langsung untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang ada di BBI Kurun seberang di tiga komoditas, yakni ikan patin, nila dan gurami.

“Untuk saat ini SMKN 1 Kurun sudah yang kelima kalinya melaksanakan PKL di BBI Kurun seberang ini,” kata Hansli Gonak.

Dijelaskannya, untuk hari ini sudah dilakukan pengenalan lapangan dan acara seremonial penyerahan dari pihak sekolah dan pada Senin (7/3/2022) mendatang akan dimulai praktiknya. Untuk jadwal praktik akan diatur dengan jumlah yang cukup banyak dibagi menjadi tiga kelompok, untuk menghindari jumlah orang yang berkerumun di masa pandemi Covid-19.

“Adapun yang akan dipraktikkan oleh anak-anak siswa SMKN 1 Kurun ini, yang pertama pemijahan dari patin, nila dan gurami. Pemilahan induk dari tiga komoditas itu langsung dibimbing oleh pihak balai dan rekan-rekan pemegang komoditas yang ada, agar anak-anak praktik bisa langsung melihat dan tahu bagaimana caranya pemijahan, pendederannya, cara mengawinkan sampai proses panen,” katanya.

Dirinya pun meminta kepada siswa SMKN 1 Kurun supaya benar-benar bisa mendistribusikan ilmu yang didapatkan di BBI ini, dan bisa dijadikan bekal untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, serta melanjutkan aktivitasnya ke masyarakat di bidang perikanan. Sementara itu, wali siswa SMKN 1 Kurun Tuti menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Gunung Mas yang sudah menerima dengan baik siswa SMKN 1 Kurun dalam rangka PKL di BBI Kurun seberang.

Sedangkan, lanjut dia, hal ini sesuai dengan kurikulum 2013 revisi untuk SMK yang menyatakan bahwa siswa kelas XII di semester 4 harus melakukan PKL di Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Gunung Mas.

“Untuk itu dari pihak sekolah berharap sangat besar, karena di masa pandemi di sekolah mereka tidak maksimal baik itu teori maupun praktik, dengan mereka ditempatkan di sisi ilmu lapangan dapat diperoleh secara maksimal, dan setelah mereka kembali ke sekolah memiliki kompetensi yang harus mereka capai,” tuturnya. (Iswanto/Foto:Iswanto/edt:rkh)

Pewarta : Rahmadi
Sumber  : DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS

Posting Komentar

0 Komentar