Ticker

6/recent/ticker-posts

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi Sebut UPZ Miliki Peran Penting Dalam Pengelolaan Zakat 


ekspostborneonews.com // Kapuas - Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi mengatakan bahwa zakat memiliki peran penting dari berbagai segi, untuk itu Unit Pengumpul Zakat (UPZ) sangat penting karena UPZ lah ujung tombak dari pengelolaan zakat itu sendiri.

"Zakat merupakan salah satu rukun Islam yang wajib ditunaikan oleh setiap musim yang memenuhi syarat, zakat berperan penting dalam pembangunan masyarakat baik dari segi ekonomi, sosial maupun budaya. Sedangkan UPZ memiliki peran yang sangat penting dalam mendorong masyarakat untuk menunaikan zakat," katanya.



Hal tersebut disampaikan Erlin Hardi dalam sambutannya saat membuka kegiatan Harmonisasi Pengelolaan Zakat, Rapat Koordinasi dan Pembinaan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Se-kabupaten Kapuas, bertempat di Aula Rujab Bupati Kapuas, Rabu (24/1/2024). 

Ia menambahkan, bahwasanya Pemerintah Kabupaten sangat mendukung dengan adanya pembentukan UPZ guna meningkatkan pengelolaan zakat yang lebih optimal sehingga masyarakat juga mendapatkan kebermanfaatan dari zakat itu sendiri.

"Potensi zakat ini sangat besar, untuk itu hal ini menjadi perhatian kami di kabupaten Kapuas, Saya mendorong nantinya agar OPD yang ada bisa lebih dimaksimalkan, sehingga dalam penyalurannya nanti bisa lebih banyak lagi menyentuh kepada masyarakat kita yang sangat memerlukan," tambahnya.


Ia berharap UPZ yang sudah terbentuk untuk lebih aktif lagi dan bagi UPZ yang belum terbentuk di suatu instansi agar kiranya kedepannya bisa terbentuk sehingga dapat menambah UPZ di beberapa instansi lainnya yang nantinya bermuara pada pengelolaan zakat yang lebih optimal.

"Pemerintah kabupaten Kapuas mendukung penuh kegiatan rapat koordinasi dan pembinaan UPZ ini, kami berharap melalui pembinaan ini UPZ dapat menjadi semakin profesional yang berkontribusi nyata dalam pembangunan masyarakat kabupaten Kapuas," pungkasnya.
(Razikin/MHB)

Posting Komentar

0 Komentar