Ticker

6/recent/ticker-posts


Gempa Bumi Tektonik Melanda Kalteng 


ekspostborneonews.com  // Palangka Raya-Gempa bumi tektonik dengan  magnitudo 4.7 terjadi pada hari Selasa 13 Februari 2024 pukul 08.22.24 Wib di wilayah Kalimantan Selatan.

Kepala Stasiun Geofisika Balikpapan Rasmid mengatakan, bahwa berdasarkam hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M4,7. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 3,19° LS ; 115,12° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 19 Km arah Timur Laut Banjar, Kalimantan Selatan pada kedalaman 10 km.

"Adapun jenis dan mekanisme gempabumi, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas patahan Meratus,"ucapnya.

Dampak Gempabumi berdasarkan estimasi peta guncangan ( shakemap ), gempabumi ini menimbulkan guncangan di daerah Kota Banjarmasin, Kabupaten Tapin, Marabahan (Kabupaten Barito Kuala) dirasakan III MMI( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. 

"Selain itu juga getaran juga dirasakan seakan akan terus berlalu ), yakni Kota Sampit, Pulau Pisau dan Kota Palangka Raya II-III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu ). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut,"tambahanya.

Atas hal ini, kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya serta agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," imbuhnya.

Posting Komentar

0 Komentar