Ticker

6/recent/ticker-posts

Gelar Seni Budaya Hari Perempuan Internasional, Dibuka Sahli Gubernur Yuas Elko

ekspostborneonews.com // Pemprovkalteng - Palangka Raya - Staf Ahli (Sahli) Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Yuas Elko mewakili Gubernur Kalteng membuka secara resmi Gelar Seni Budaya Hari Perempuan Internasional, bertempat di Panggung Theater Terbuka Taman Budaya Kalteng, Sabtu (23/3/2024) malam.


Mengawali sambutannya, Yuas Elko saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng menyampaikan dalam rangka mempertahankan eksistensi kebudayaan bangsa dibutuhkan peran serta dari semua pihak, baik Pemerintah maupun masyarakat terlebih lagi para penggiat seni dan budaya.


“Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah sendiri terus berupaya dengan memberikan perhatian yang cukup besar terhadap pembinaan dan pengembangan seni budaya daerah yang merupakan bagian integral dari kebudayaan nasional”, tuturnya.


Diharapkan dengan diselenggarakannya kegiatan ini mampu menggugah dan memberi dorongan motivasi bagi para pengelola sanggar untuk lebih giat membangun dan meningkatkan kreatifitas seni budaya Kalteng, dalam rangka menarik para wisatawan, baik wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Kalteng.


“Semoga kegiatan ini menjadi sarana yang dapat mendorong dinamisasi seni sehingga lebih bermakna, yang pada gilirannya mampu meningkatkan kontribusi dalam pembangunan daerah dan dalam koridor ekonomi kreatif, dengan menempatkan seni sebagai salah satu pilar utama”, pungkasnya.



Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov. Kalteng Rusita Murniasi dalam laporannya menyampaikan maksud dan tujuan digelar kegiatan ini untuk melestarikan dan mencintai Seni Budaya yang dimiliki oleh Daerah Kalteng serta dalam rangka untuk memperingati Hari Perempuan Internasional.


Disampaikan Rusita, ada sebanyak 8 (delapan) penampil pada malam hari ini yaitu dari SSB Darung Tingang, SSB Tunjung Nyaho, Sanggar Nyai Bajenta, Hapakat, Borneo Lovely Line Dance, Habsy Majelis Taklim AT-Tarbiyah, Yenny Management dan Bintang Radio Indonesia 2023.


Pada kesempatan ini, Kepala UPT Taman Budaya Kalteng Wildae Binti saat dibincangi awak media mengatakan Gelar seni budaya akan digelar secara rutin. Pada bulan Maret ini gelar budaya mengusung tema Perempuan Kalteng BERDAYA Indonesia UNGGUL. Sejalan dengan tema ini, diselaraskan dengan tujuan pembangunan yang telah dicanangkan oleh Presiden RI.


“Secara khusus, kami dari UPT Taman Budaya ingin menampilkan dan memberitahukan secara luas kepada masyarakat bahwa perempuan-perempuan Kalteng berdaya dan tentunya dilihat dari potensi seni budaya yang dimiliki”, tandanya.


(Satriawati)

Posting Komentar

0 Komentar