Ticker

6/recent/ticker-posts

DLH Prov. Kalteng  Peringatan Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia Tahun 2024


Ekspostborneonews com // Pemprovkalteng - Palangka Raya - Dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) Se-Dunia yang diperingati setiap tanggal 5 Juni, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Prov. Kalteng melaksanakan Upacara Peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) Se-Dunia Tahun 2024, bertempat di Halaman Kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Prov. Kalteng, Jalan Williem A.S No. 08 Palangka Raya, Rabu (5/6/2024).

Pada kesempatan tersebut, Sekda Prov. Kalteng H. Nuryakin saat membacakan sambutan tertulis Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya menyampaikan bahwa tanggal 5 Juni diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Ini merupakan keputusan Majelis Umum PBB pada tahun 1972 saat Konferensi Stockholm. Hingga kini dalam peringatannya secara mendunia, pusat peringatan Hari Lingkungan Hidup dunia dimandatkan kepada satu negara yang ditunjuk.

Disampaikan pula, untuk tahun 2024 ini Kerajaan Arab Saudi menjadi tuan rumah Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia 2024 dengan tema “Land Restoration, Desertification, and Drought Resilience (Restorasi lahan, penggurunan dan ketahanan terhadap kekeringan)”, dan slogan “Our Land, Our Future, Generation Restoration".

"Sebagaimana tema dari UNEP, untuk Hari Lingkungan Hidup tahun 2024 difokuskan pada kegiatan pemulihan lahan, pengendalian desertifikasi, dan ketahanan terhadap kekeringan. Presidensi G20 telah menghasilkan adopsi Global Land Restoration Initiative yang sangat penting mengingat bahwa dunia menghadapi triple planetary crisis yang semakin intens, yakni krisis perubahan iklim, krisis kerusakan alam dan kehilangan biodiversitas, serta krisis polusi dan limbah," jelasnya.


Ia menekankan bahwa pemulihan lingkungan merupakan kunci dalam membalikkan arus degradasi lahan, dan dapat sekaligus meningkatkan mata pencaharian, mengurangi kemiskinan, dan membangun ketahanan terhadap cuaca ekstrem. “Untuk ini, perlu ditingkatkan ambisi dan investasi dalam upaya pemulihan lingkungan, memberikan momen "terobosan besar" bagi perbaikan lahan, sebagai upaya untuk mengatasi kekeringan. Pemulihan berkaitan langsung dengan upaya penyelesaian krisis iklim. Dalam upaya penyelesaian krisis iklim, inovasi, dan prinsip keadilan memegang peran penting," ujarnya.

Sebagai Informasi, merujuk situs resmi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia atau World Environment Day dimulai sejak tahun 1972 ketika Majelis Umum PBB menetapkan 5 juni sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada saat Konferensi Stockholm. Melansir dari https://www.worldenvironmentday.global/, Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia merupakan bagian dari platform global untuk menginspirasi perubahan besar di fenomena saat ini. Demi kelestarian lingkungan hidup yang sehat, masyarakat dari lebih dari 150 negara berpartisipasi dalam hari internasional PBB ini demi menciptakan dunia yang lebih berkelanjutan. Acara ini dipimpin oleh Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNEP) sejak didirikan pada tahun 1973. Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini mengingatkan umat manusia untuk menghadapi tantangan lingkungan hidup yang ada saat ini. Hal ini mengingat fenomena pemanasan global semakin mengkhawatirkan sehingga bumi tidak begitu sehat lagi.



Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Prov. Kalteng Joni Harta dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan program Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Prov. Kalteng tahun 2024, yaitu program peningkatan pendidikan, pelatihan dan penyuluhan lingkungan hidup untuk masyarakat.

"Tema Hari Lingkungan Hidup (HLH) Se-Dunia yang diusung oleh Indonesia adalah Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan. Tema ini menjadi pengingat sekaligus ajakan bahwa penyelesaian akar masalah krisis iklim harus diselesaikan dengan inovasi yang dilaksanakan secara konsisten oleh seluruh pemangku kepentingan, sekaligus harus mengedepankan prinsip keadilan dan inklusifitas," tutupnya. 


(Satriawati)

Posting Komentar

0 Komentar