Ticker

6/recent/ticker-posts

Upacara Peringatan hari Lahir Pancasila Tahun 2024 secara Virtual


Ekspostborneonews com // Pemprovkalteng – Palangka Raya – Wakil Gubernur (Wagub) Kalimatan Tengah bersama jajaran Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mengikuti Upacara Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 secara virtual, bertempat Aula Jayang Tingang (AJT), Lantai II Kantor Gubernur Kalteng, Palangka Raya, Sabtu (1/6/2024).

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 tersebut dipusatkan di Lapangan Garuda Pertamina Hulu Rokan, Dumai, Provinsi Riau dihadiri secara langsung oleh Presiden RI Joko Widodo selalu Inspektur Upacara, dan bertindak sebagai Komandan Upacara Kombes Pol. Andri Ananta Yudhistira.



Presiden RI Joko Widodo dalam amanatnya menyampaikan, kita patut bersyukur bahwa negara kita Indonesia tetap kokoh, terus stabil, bersatu padu dan ekonominya terus tubuh, ditengah gempuran dunia yang py. enuh dengan ketidakpastian.

Dikatakanya, di tengah dunia yang dilanda berbagai krisis, dalam politik yang penuh tekanan dan rivalitas kita harus selalu optimis, karena kita memiliki Pancasila yang memandu arah bangsa, kita punya modal sosial dan modal budaya yang kokoh, sumber daya manusia, serta sumber daya alam yang melimpah, “oleh karena itu kita harus terus perkokoh kemandirian bangsa dan berdikari dalam ekonomi” kata Presiden RI.

Menurut Presiden RI, nilai-nilai Pancasila harus diaktualisasikan, diwariskan dalam perilaku nyata dan kebijakan-kebijakan nyata, yang jelas hasil dan manfaatnya dapat dirasakan oleh rakyat di tengah perkembangan zaman ini, sehingga kehadiran Pancasila diharapkan sebagai pembebas ketergantungan bangsa Indonesia dari pihak asing.

Saat ini demografi Indonesia didominasi oleh generasi Y, generasi Milenial, generasi Z  dan generasi Alfa, oleh karena itu cara kita mensosialisasikan Pancasila juga harus dengan cara-cara mereka, melalui praktek-praktek teladan yang nyata dengan menggunakan dan mengembangkan budaya Indonesia, “saya mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk terus memegang teguh nilai-nilai Pancasila, menunjukkannya dalam ucapara
perilaku dan kebijakan yang berpihak nyata kepada seluruh rakyat Indonesia, dan menjadikan Indonesia berwibawa dimata dunia” tandasnya.


Saat diwawancarai usai mengikuti upacara secara virtual, Wagub Kalteng H. Edy Pratowo mengatakan, sesuai dengan amanat Presiden RI bahwa Pancasila adalah pemersatu bangsa dan sebagai falsafah, “dengan kita memperingati hari lahir Pancasila, diharapkan menjadi daya ikat yang memiliki korelasi untuk mempersatukan seluruh rakyat” ucap Wagub.

Momentum hari lahir Pancasila ini sangat baik bagi kita sebagai anak bangsa, untuk terus mempererat persatuan dan kesatuan dalam membangun daerah kita, Kalimantan Tengah untuk lebih maju lagi, terutama dalam menghadapi agenda besar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan dilaksanakan pada bulan November 2024 yang akan datang, “walaupun dalam pelasanaannya nanti ada perbedaan-perbedaan, namun kita berharap dengan semangat Pancasila sebagai falsafah bangsa mampu mempersatukan masyarakat Kalimantan Tengah ” pungkasnya.

( Satriawati,)


Posting Komentar

0 Komentar