Ticker

6/recent/ticker-posts

Gelar Rakor Bidang Irigasi Dinas PUPR Provkalteng, Resmi Dibuka Plt Sekretaris Ir Uria Wulan Sari 





Ekspostborneonews com // Pemprovkalteng - Palangka Raya - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Usulan Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2024 Bidang Irigasi Lingkup Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/kota di Kalteng 

Pelaksanaan kegiatan Bahalap Hotel jalan.RTA Milono km 1 Kota Palangka Raya Kalimantan Tengah ,9 /7/2024.


Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalimantan Tengah H Salahuddin dalam sambutannya yang dibacakan diwakili oleh Plt Sekretaris Dinas PUPR  Ir Uria Wulan Sari, M.Si mengatakan, melalui rakor ini dapat  pemahaman dalam penyusunan usulan DAK bidang irigasi tahun anggaran 2024. Sehingga pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota, yang masuk maupun yang belum berkesempatan masuk dalam lokasi prioritas DAK bidang irigasi tahun anggaran 2024 mampu melaksanakan kegiatan DAK dengan baik. 



“Dengan rapat ini diharapkan provinsi dan kabupaten/kota dapat mengetahui dan memperoleh gambaran kriteria lokasi prioritas, syarat-syarat, ketentuan pengusulan dan hal-hal yang perlu diperhatikan untuk selalu menjaga output dan outcome dalam pelaksanaan dak bidang irigasi,” kata Uria saat membacakan sambutannya.


Ia menambahkan, Kalteng  sebagai penyanggah ibu kota negara, dapat ikut berperan serta dalam pemenuhan kebutuhan terutama pangan bagi ibu kota negara. Untuk itu, secara bersama berkoordinasi dan berdiskusi terkait langkah-langkah apa yang harus dilakukan agar dalam pelaksanaan DAK bidang irigasi kalimantan Tengah tahun anggaran 2024 dapat berjalan dengan baik dan lancar. 



“Besar harapan, Kalteng baik provinsi maupun kabupaten/kota bisa masuk dalam lokasi prioritas kegiatan DAK bidang irigasi di tahun anggaran selanjutnya, melalui pembangunan maupun perbaikan infrastruktur irigasi dalam meningkatkan kinerja daerah irigasi, sehingga mampu meningkatkan produktivitas tanaman khususnya padi,” ucap.Uria Wulan Sari


Dalam kesempatan tersebut, Ia mengingatkan agar semua peserta rapat lebih memperhatikan prioritas usulan dan selalu menjaga kesesuaian antara output dan outcome dalam pelaksanaan DAK bidang irigasi bagi yang menjadi calon penerima dana DAK dan yang belum berkesempatan.


Selanjutnya Plt sekretaris Dinas PUPR Provkalteng membuka dengan resmi  Rakor Bidang Irigasi 2024 yang d ikuti peseta 14 kabupaten dan kota.



Sementara itu, ketua panitia pelaksana Rakor bidang irigasi Sigit Purwanto, S T., M.T.mengatakan sebelumnya, Dinas PUPR Provkalteng mengusulkan DAK Bidang Irigasi Lingkup Pemerintah Provinsi Kabupaten dan Kota.


“DAK ini nantinya Pemprov Kaltengl yang akan melaksanakannya, dengan pengerjaan berupa rehab seperti normalisasi saluran, galian dan perbaikan pintu air di kawasan rawa, Ucap nya.


Ia berharap, dengan adanya pengerjaan tersebut dapat memberikan manfaat bagi masyarakat untuk menikmati hasilnya terlebih dibidang pertanian.


“Harapannya dengan adanya DAK ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat Kaltengl seperti arahan gubernur dalam menyejeterahkan masyarakat,” pungkasnya.


(.Hadiboy)



Posting Komentar

0 Komentar