Ticker

6/recent/ticker-posts

Rakortek Bidang Sumber Daya Air Provinsi Kalteng Tahun 2024, Ini Kata Sahli Gubernur Sahaemi Resmi Dibuka


Ekspostborneonews com // Pemprovkalteng - Palangka Raya - Staf Ahli Gubernur Kalteng Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (KSDM) Suhaemi mewakili Gubernur Kalteng membuka secara resmi Rapat Koordinasi Teknis (Rakortek) Bidang Sumber Daya Air Prov. Kalteng Tahun 2024, bertempat di M Bahalap Hotel Palangka Raya, Rabu (10/7/2024).

“Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen dan kesungguhan kita semua dalam upaya sinkronisasi dan sinergi program kegiatan terkait pengelolaan sumber daya air di Provinsi Kalimantan Tengah”, tutur Suhaemi.

Sebagaimana diketahui, arah kebijakan sebagaimana yang tercantum dalam RPJMD Prov. Kalteng Tahun 2021-2026 dan RKPD Tahun 2024 merupakan Pedoman Pembangunan Kalteng Tahun 2024 karena memuat arah kebijakan, tujuan dan sasaran pembangunan yang ingin dicapai Pemerintah Daerah Prov. Kalteng yang ditetapkan dengan memfokuskan salah satunya pada pembangunan infrastruktur, yang juga merupakan Program Prioritas.


Disampaikan Suhaemi bahwa sumber daya air adalah elemen penting yang mendukung berbagai sektor kehidupan dan pembangunan, mulai dari kebutuhan domestik, pertanian, industri, hingga pariwisata.

“Dalam menghadapi tantangan dan dinamika pembangunan, kita harus memastikan bahwa setiap langkah dan kebijakan yang diambil sejalan dengan kebutuhan dan potensi daerah kita”, ucapnya.

“Infrastruktur Sumber daya air yang berupa prasarana irigasi, prasarana pengembangan daerah rawa, pembuat tanggul sungai, pengaman pantai, prasarana air baku, akan berdaya dan berhasil guna untuk kemaslahatan masyarakat apabila infrastruktur-infrastruktur tersebut dapat dikelola dengan baik sesuai dengan fungsi dan tujuannya”, imbuhnya.

Lebih lanjut dijelaskan, pengelolaan tersebut berupa kegiatan-kegiatan operasi dan pemeliharaan yang harus disesuaikan dengan prasarana sumber daya air yang ada di Prov. Kalteng.

Ia berharap melalui Rakortek Bidang Sumber Daya Air Prov. Kalteng ini, sebagai pelaksana operasi dan pemeliharaan prasarana sumber daya air baik ditingkat pusat maupun provinsi juga kabupaten dapat bersinergi membahas, membicarakan dan menyepakati tentang pelaksaan operasi dan pemeliharaan sumber daya air yang ada di Kalteng ini.


Pada kesempatan tersebut, Suhaemi mengajak seluruh stakeholders agar selalu semangat bekerja untuk mencapai kesejahteraan masyarakat di Prov. Kalteng.

Rakortek dihadiri narasumber Direktur Bina Operasi dan Pemeliharaan, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI  I Komang Sudana secara virtual. Hadir juga Plt. Sekretaris Dinas PUPR Prov. Kalteng Wulan Uria Ludjen beserta Jajaran, Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota Se-Kalteng serta Para Pemakalah dan Pembahas


( Satriawati/Boy)

Posting Komentar

0 Komentar