Ticker

6/recent/ticker-posts

50 paket sembako siap dibagikan kepada mustahiq, Dalam hari HUT ke 21 BAZNAS.

ekspostborneonews.online /// Disela pelaksanaan apel penghormatan bendera dan doa yang dilaksanakan setiap tanggal 17 setiap bulannya, kali ini bertepatan dengan apel Senin perdana di tahun 2022, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah H. Noor Fahmi berkenan menyerahkan bingkisan sembako kepada 5 orang perwakilan mustahiq (yang berhak menerima zakat) di halaman Kanwil, Senin (17/01/2022).

“Zakat, infaq dan sedeqah (ZIS) selain sebagai cermin dari praktek paling kongkrit penghambaan kepada Allah, juga wujud nyata kasih sayang dan kepedulian terhadap sesama hamba Allah,” ungkap Kakanwil usai apel.

Menurutnya, pandemi Covid-19 yang masih berlangsung saat ini menjadi moment yang tepat untuk berbagi kepada masyarakat yang terdampak virus yang telah banyak menelan korban jiwa.

Orang nomor satu di Kemenag Kalteng ini juga terus memberikan dorongan dan dukungan kepada pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kanwil Kemenag Kalteng untuk melakukan sejumlah upaya dan terobosan sehingga keberadaannya benar-benar dapat dirasakan oleh masyarakat sekitar.

Pengurus ujarnya, selain aktif mengajak muzakki (orang yang berzakat) menyalurkan ZIS melalui UPZ Kanwil, juga bertanggung jawab dan transparan dalam pengelolaan, penyaluran dan pelaporan dana umat yang dititipkan melalui organisasi bentukan BAZNAS ini.

Harapan Kakanwil ditindaklanjuti ketua UPZ sekaligus Kepala Bidang (Kabid) Bimas Islam H. Ardiansyah dan pengurus lainnya dengan melahirkan beberapa program dan melakukan pendekatan aktif kepada muzakki.

“Alhamdulillah animo muzakki luar biasa untuk menyalurkan sebagian rezkinya melalui UPZ Kanwil, tercatat 400% lebih kenaikan jumlah ZIS yang telah disetorkan muzakki dari tahun lalu di bulan Januari ini,” ujarnya semangat.  

“Ini merupakan pencapaian luar biasa dan membanggakan sekaligus tanggung jawab pengurus untuk untuk mengelola dan menyalurkan amanah ini dengan baik dan transfaran.” lanjutnya.

Muzakki merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) baik Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) Kanwil yang beragama Islam. Tercatat 146 orang ASN, 90% diantaranya merupakan muzakki.

Untuk memudahkan komunikasi dan pelaporan aliran dana ZIS, pengurus telah membentuk WhatsApp grup UPZ Kanwil. Melalui media ini segala perkembangan pengelolaan ZIS dilaporkan. Muzakki juga diajak sharing rembuk dalam beberapa hal yang diharapkan dapat berdampak positif terhadap keberadaan UPZ dan pengelolaannya.

Sejumlah 50 paket sembako siap dibagikan kepada mustahiq, 5 diantaranya diserahkan secara simbolis oleh Kakanwil tepat di hari HUT ke 21 BAZNAS.

“Semoga antusiasme muzakki juga besar dalam menyalurkan zakat fitrah pada bulan Ramadhan tahun ini.” harap H. Ardiansyah menutup perbincangan.

Pewarta : manghadiboy /Harmini
Sumber. : Humkamenagkalteng.

Posting Komentar

0 Komentar