Ticker

6/recent/ticker-posts

Atraksi Bela Diri Lawang Sakepeng Jadi Perlombaan Dikancah FBIM 2022

ekspostborneonews.online /// Provkalteng Palangka Raya - Lawang Sakepeng merupakan atraksi bela diri tradisional Dayak turut dilombakan dalam FBIM 2022 yang diselenggarakan di UPT. Taman Budaya, Kota Palangka Raya, Jumat (20/5/2022) 

Lomba ini merupakan salah satu kesenian budaya suku Dayak yang biasanya sering digunakan pada upacara adat pernikahan dan penerimaan tamu. Tujuan diadakannya cabang lomba lawang sakepeng ini adalah untuk melestarikan dan mengembangkan salah satu jenis seni bela diri tradisional Kalimantan Tengah yang tentunya akan meningkatkan minat kunjung wisatawan yang melihatnya.

Juri lomba lawang sakepeng terdiri dari 3 (tiga) orang, yaitu Ketia Juri Dreiyano P. Lindan, dan dua anggota Juri Darwin dan  Boby Laga. Lomba Lawang Sakepeng ini diikuti oleh Kategori Putera dan Puteri dari berbagai Kabupaten/Kota, dimana kategori putera diikuti Kota Palangka Raya, Pulang Pisau, Murung Raya, Seruyan, Katingan, Gunung Mas, Lamandau, Barito Selatan, dan Kapuas. Sedangkan kategori puteri diikuti Kabupaten Kapuas, Pulang Pisau, Gunung Mas, Barito Selatan dan Palangka Raya.

Anggota Juri Darwin menyampaikan bahwa unsur yang dinilai meliputi orisinilitas (keaslian aliran/jurus/gerakan yang ditampilkan), kemantapan gerak (kualitas dan keterampilan gerak, ketegasan dan keberanian), kekayaan gerak (kuantitas/keragamanan gerak, pola langkah dan pola lantai), penampilan (kostum, ketepatan waktu, stamina dan ekspresi, keserasian gerak dan musik). 

Lebih lanjut, peserta dari Kabupaten/Kota diperbolehkan membawa pemain musik serta alat musik sendiri yang identik dengan karakter daerahnya masing-masing. Peserta yang mengikuti cabang lomba Lawang Sakepeng tampil berpasangan.

Pewarta. : Rahmadi MB
Sumber.  : Diskominfo provkalteng/liputan ekspostbnews

Posting Komentar

0 Komentar