Ticker

6/recent/ticker-posts

Pariwisata : 11 Pasang Jagau & Bawi Nyai, Masuk Finalis

ekspostborneonews.online /// Provkalteng Palangka Raya – Finalis Jagau & Bawi Nyai Pariwisata Kalimantan Tengah (Kalteng) 2022 mengikuti sesi Unjuk Bakat yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Prov. Kalteng di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Jumat (20/5/2022). Pada sesi ini, ada 11 (sebelas) pasang peserta dari 11 Kabupaten/Kota yang mengikuti sesi Unjuk Bakat diantaranya dari Kotawaringin Barat, Palangka Raya, Murung Raya, Kotawaringin Timur, Pulang Pisau, Lamandau, Katingan, Kapuas, Barito Selatan, Gunung Mas dan Sukamara.

Dewan Juri Unjuk Bakat diantaranya Asesor Nasional dan Penguji Kompetensi Wartawan Dewan Pers Pahit S. Narottama selaku Ketua Dewan Juri, Ketua ADWINDO Kalteng Doni Julianto, Ketua Persatuan Senama Indonesia (Persani) Prov. Kalteng Aida Meyarti Azwar Toeweh, Putri Pariwisata Kalteng 2014 Fia Delfia Adventy dan Pelaku Industri Pariwisata di Kalteng Susie Andrianie.

Panitia Pemilihan Jagau & Bawi Nyai Pariwisata Kalteng Kristina Nainggolan menjelaskan lomba Jagau & Bawi Nyai Pariwisata merupakan salah satu serangkaian dari Festival Budaya Isen Mulang (FBIM).

“Pagi ini seluruh finalis akan menampilkan unjuk bakat di bidang seni dan mempromosikan objek wisata unggulan di Daerah masing-masing”, tutur Kristina.

Dijelaskan juga oleh Kristina, kriteria penilaian pada sesi Unjuk Bakat ini salah satunya adalah public speaking.

“Kriteria yang di nilai ada beberapa yaitu public speaking salah satunya, dari penampilannya saat menampilkan unjuk bakat”, tandasnya.

Kategori yang dinilai dalam sesi Unjuk Bakat diantaranya terbaik dan berbakat, fotogenik, kebudayaan, persahabatan, best media sosial, intelegensia dan favorit.
Finalis Perwakilan dari Kota Palangka Raya Jales Veva Jaya Mahe dan Rabeka Putri menampilkan karungut, pencak silat dan seni tari tradisonal

“Untuk penampilan, kami akan menampilkan kesenian Daerah asli Kalteng, alat musik, kesenian Tarik suara dan tari serta bela diri”, ungkap Finalis Bawi Nyai Pariwisata asal Kota Palangka Raya Rabeka.

Rabeka Putri berharap jika terpilih menjadi Bawi Nyai Pariwisata Kalteng, ia ingin menjadi perwakilan dari pemprov Kalteng untuk mempromosikan Pariwisata agar dikenal luas.

“Kami akan menjadi representative dari Pemprov Kalteng untuk mempromosikan Pariwisata yang ada di Kalteng agar bisa dikenal oleh masyarakat luas, bukan hanya di Indonesia tetapi juga di luar Negeri”, pungkasnya.

Sementara itu, Jagau Jales Veva Jaya Mahe mengatakan siap mendukung serta membantu kemajuan sektor Pariwisata di Kalteng.

“Kami selain menjadi representative, selain mendukung kami juga membantu memajukan di sektor Pariwisata di Kalteng”, tandasnya.

Sebagai informasi, Grand Final Jagau & Bawi Nyai Pariwisata Kalteng Tahun 2022 digelar pada nanti malam Pukul 18.30-22.00 WIB di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng.

Pewarta. :  Rahmadi MB
Sumber   :. Diskominfo provkalteng/liputan ekspostbnews

Posting Komentar

0 Komentar