Ticker

6/recent/ticker-posts

BPBD SALURKAN BANTUAN DAN CEK INVENTARISIR FASILITAS UMUM AKIBAT BANJIR

Ekspostborneonews.online ///  Kabupaten Barito Timur TAMIANG LAYANG - Pemerintah Kabupaten Barito Timur (Bartim) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Pemadam Kebakaran (Damkar)  menyalurkan bantuan untuk masyarakat terdampak banjir di wilayah itu. Instansi pemerintah tersebut langsung merespon kejadian dengan terjun langsung ke lapangan, Kamis (26/5). 

Selain tujuan memberikan bantuan, BPBD juga menginventarisir/mendata fasilitas umum yang rusak akibat banjir.

Plt. Kalaksa BPBD Damkar Kabupaten Bartim Bertolumeus, S.Sos menyebutkan, selain membantu evakuasi warga khususnya yang mereka yang rumahnya terendam air dengan intensitas tinggi, pihaknya juga menyalurkan bantuan tanggap darurat. 

"Bantuan berupa sembako dari Pemkab Bartim (DPMDSos), swasta, ormas keagamaan, LSM, BPBD dari Kabupaten Balangan serta para masyarakat selalu donatur.  Semalam - malamnya kita salurkan bantuan warga yang terdampak banjir, " ucap Bertolemeus kepada MMC Bartim.

Menurutnya, BPBD juga mendata beberapa fasilitas umum yang rusak karena diterjang banjir. Antara lain, jembatan penyeberangan di tengah Desa Haringen Kecamatan Dusun Timur. 

"Kami selalu melakukan pemantauan untuk bencana banjir yang melanda dan melaporkan terus perkembangan, " tukasnya.

Sekadar informasi, Banjir di Kabupaten Bartim merendam dua kelurahan yaitu, Tamiang Layang dan Ampah Kota di Kecamatan Dusun Tengah. Sedangkan untuk desa terdampak antara lain, Haringen, Magantis, Karang Langit di Kecamatan Dusun Timur. Kemudian, Paku Beto, Pangkan, Tampa, Kalamus, Runggu Raya, Simpang Bingkuang, Bantai Napu di Kecamatan Paku. Ketab, Muru Duyung, Lebo, Bararawa,  Pinang Tunggal, Tuyau Nagaleah, Muara Pelantau di Kecamatan Pematang Karau. 

Selanjutnya, Hayaping, Tangkan di Kecamatan Awang. Malintut, Batuah, Lenggang, Puri di Kecamatan Raren Batuah. Dayu dan Ipu Mea di Kecamatan Karusen Janang. Bentot, Ramania, Pulau Padang di Kecamatan Patengkep Tutui.

Pewarta. : Rahmadi.MB
Sumber   : distributor Elsa

Posting Komentar

0 Komentar