Ticker

6/recent/ticker-posts

Bimbingan Pra Nikah Kolaborasi Puskesmas - KUA Ini Beritanya

ekspostborneonews.online /// Kalteng Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pahandut melaksanakan Bimbingan Perkawinan (Bimwin) Pra Nikah bagi calon pengantin (catin) di Balai Nikah KUA Pahandut, Selasa (31/05/22). Bimwin berisi tidak hanya materi membina rumah tangga, tetapi juga kesehatan reproduksi.

Pemateri selain dari KUA sendiri, juga dari Bagian Program Kesehatan Reproduksi UPT Puskesmas Marina Permai, yaitu drg. Lida dan Bidan Ayang Minarni yang menyampaikan tentang kesehatan reproduksi.

Pemateri dari tim kesehatan memaparkan organ reproduksi adalah bagian tubuh manusia yang harus dijaga kebersihannya agar selalu sehat.

Dengan menjaga kebersihannya akan mencegah munculnya penyakit yang bersumber dari alat reproduksi melalui hubungan badan. Disamping itu, menjaga alat reproduksi juga bermanfaat bagi seksualitas dan mencegah stunting pada calon anak yang akan dilahirkan.

Kepala KUA Pahandut, H. Muhammad menjelaskan kolaborasi KUA dengan Puskesmas dalam bimbingan konseling pra nikah ini merupakan hasil koordinasi antara UPT Puskesmas Marina Permai dengan KUA Pahandut.

Sasaran dari kegiatan ini adalah pasangan catin yang sedang melakukan persiapan pernikahan di KUA Kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya.

Menurutnya kesehatan reproduksi penting untuk dipersiapkan sebelum pasangan calon pengantin. "Kehidupan pernikahan yang bahagia dan mempunyai keturunan yang sehat dan cerdas adalah dambaan setiap pasangan pengantin, karena itu penting untuk mempersiapkan diri sebelum pernikahan, yang salah satunya ialah kesehatan," ujarnya.

Selesai mengikuti Bimwin, catin mendapatkan pembagian satu kotak tablet tambah darah yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan zat besi dan mengurangi anemia megaloblastik.

Kerjsama ini akan terus berlanjut sesuai dengan jadwal yang telah disusun dari UPT Puskesmas Marina Permai dan menyesuaikan dengan jadwal penasehatan pernikahan di KUA Kecamatan Pahandut.

( Rahmadi MB )

Posting Komentar

0 Komentar