Ticker

6/recent/ticker-posts

Kegiatan MPLS Di Sekolah Tingkat SLTP, Mendapat Pendidikan Dari Babinsa Pahandut

ekspostborneonews.online /// Palangka Raya - Babinsa Koramil 1016-01/Pahandut, Kodim 1016/Palangka Raya Serka Muhammad Arifin melaksanakan pendampingan dan pelatihan berupa Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dalam kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) siswa baru di SMPN 9 dan 16 wilayah Kelurahan Bukit Tinggal dan Kelurahan Petuk Katimpun, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya. Selasa 12 Juli 2022. 

Kegiatan ini merupakan permintaan oleh tiap Kepala Sekolah SMPN setempat, sebagai narasumber dan pelatih untuk peserta didik tahun ajaran baru agar para siswa dan siswi ini menjadi penerus generasi yang berkualitas guna menyongsong masa depan sesuai yang diharapkan orang tuanya dalam mengapai cita-cita. 

Babinsa Koramil 1016-01/Pahandut, Serka Muhammad Arifin mengatakan, MPLS dijadikan sebagai ajang untuk melatih mental, disiplin dan mempererat tali persaudaraan dan juga sering dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah  

“Orientasi tersebut meliputi perkenalan dengan sesama siswa baru, kaka kelas atau OSIS, guru hingga seluruh karyawan sekolah. Tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan dilingkungan sekolah,” terang Serka Muhammad Arifin. 

Lebih lanjut Serka Muhammad Arifin memaparkan tentang menanamkan sikap mental, wawasan kebangsaan dan bela negara, spiritual, budi pekerti yang baik, tanggung jawab, toleransi dan berbagai nilai positif pada siswa sebagai implementasi penanaman konsep iman, ilmu dan amal serta wawasan dasar sebelum memasuki giat pembelajaran juga merupakan tujuan pengenalan lingkungan sekolah yang wajib dipahami oleh seluruh siswa baru. 

“Kita Mengharapkan dengan kegiatan ini Para siswa bisa memiliki sikap mental, budi pekerti yang bagus sehingga menciptakan generasi muda yang mumpuni,” tutup Babinsa Serka M. Arifin. 

Sementara itu Kepala Sekolah SMPN 16 Kelurahan Petuk Katimpun Bapak S.Banjarnahor, S.Pd., M.M., menuturkan, dalam kegiatan ini pihaknya melibatkan TNI dari Babinsa setempat untuk mengisi materi tentang bela negara untuk anak-anak siswa yang mengikuti MPLS selama 3 hari.

"Harapannya agar para siswa bisa aktif dalam bela negara, terutama dalam menanamkan jiwa kedisiplinan sebagai generasi penerus yang tangguh, mempunyai mental, karakter yang unggul yang berwawasan kebangsaan", harap Kepala Sekolah. ( Rahmadi MB)

Posting Komentar

0 Komentar