Ticker

6/recent/ticker-posts

Plt. Kepala Dinsos Prov. Kalteng Buka Kegiatan Penumbuhan SLRT

ekspostborneonews.online /// Provinsi Kalteng Palangka Raya – Dinas Sosial (Dinsos) Prov. Kalteng menyelenggarakan kegiatan penumbuhan Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) kabupaten/kota dan Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) desa/kelurahan Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2022, di Aula Hotel Neo Jalan Tjilik Riwut Bundaran Besar Km 1, Palangka Raya, Selasa (26/7/2022). Plt Kepala Dinsos Prov. Kalteng Noor Halim dalam sambutannya mengatakan, kegiatan penumbuhan SLRT merupakan perpanjangan tangan Pemerintah sekaligus garda terdepan dalam menangani permasalahan sosial yang muncul di masyarakat. 

“Saya berharap adanya komitmen Pimpinan Daerah yang merupakan komponen penting dalam menjamin keberlangsungan SLRT dan Puskesos ini dari segi regulasinya. Hal itu dikarenakan masih banyak sekali Daerah yang belum memiliki Perda/Perbup/Perwalkot untuk menaungi penyelenggaraan SLRT dan Puskesos ini. Selain itu, SLRT juga diharapkan mampu memastikan bahwa seluruh layanan dan program bantuan sosial yang diberikan oleh Pemerintah dapat benar-benar tepat sasaran dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang membutuhkan. Dengan adanya SLRT dan Puskesos ini, penanganan berbagai permasalahan sosial dapat segera teratasi, begitu pula dengan akurasi pendataan akan lebih valid sehingga terwujudnya Kalteng BerAKHLAK penuh KeBERKAHan,”ujar Plt. Kepala Dinsos Prov. Kalteng. 

SLRT adalah sistem yang membantu mengidentifikasi kebutuhan masyarakat miskin dan rentan miskin, dan menghubungkan mereka dengan layanan yang dikelola Pemerintah dan non-Pemerintah. SLRT juga membantu mengindentifikasi keluhan masyarakat miskin dan rentan miskin, melakukan rujukan dan memantau penanganan keluhan agar ditangani dengan baik.

SLRT sebagai perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan perlu ditumbuhkan di tiap kabupaten untuk memastikan bahwa masyarakat miskin atau rentan mendapatkan akses perlindungan dan pelayanan sosial lebih cepat serta menyeluruh. Layanan SLRT melibatkan berbagai sektor terkait dalam pelaksanaannya, seperti Dinas Kesehatan, Rumah Sakit Umum Daerah, Dinsos serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.



Puskesos adalah Lembaga yang dibentuk untuk memudahkan warga miskin dan rentan miskin termasuk Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) untuk mendapatkan akses dan menjangkau pelayanan perlindungan sosial, penanggulangan kemiskinan, baik yang dikelola Pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota, Pemerintah desa/kelurahan dan Lembaga non-Pemerintah lainnya juga sebagai pusat aduan layanan sosial, sehingga lebih responsif dan tepat sasaran. 

Turut hadir selaku narasumber Margareta Asi, Pejabat Administrator di Lingkup Dinsos Prov. Kalteng, Manager SLRT Kotawaringin Barat Sanitro serta perwakilan dari Dinsos kabupaten/kota se-Kalteng sebanyak 16 orang. 


Pewarta. :  Rahmadi MB 
Sumber   :  Dinsos provKalteng.

Posting Komentar

0 Komentar