Ticker

6/recent/ticker-posts

Kadishub Barsel : Pemasangan Papan Plang Menyalahi Aturan Mengganggu Jalan Umum!

ekspostborneonews.online /// Buntok - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub)  Barito Selatan Ir. Daud Danda, MM meminta semua pihak, baik masyarakat perorangan hingga pengusaha (perusahaan) di daerah setempat agar memerhatikan aturan serta estetika, ketika memasang plang atau papan nama yang berdekatan dengan jalan umum.

“Jangan sampai plang mengganggu jalan umum. Misalnya terlalu rendah, sehingga mengganggu pandangan pengguna jalan,” kata Daud Danda di Buntok, Kamis (4/8/2022).

Bahkan secara eksplisit Daud Danda menyontohkan pemasangan plang nama sebuah toko ritel di Desa Sababilah yang dinilai terlalu rendah.

"Seperti Alfamart yang di Desa Sababilah, itu saya lihat sangat terlalu rendah. Saya berharap jangan sampai mereka sembarangan dalam pemasangan papan plang seperti itu," kata Daud Danda.

Menurut Daud Danda, dalam pemasangan plang atau papan nama, tidak bisa dilakukan sembarangan. Namun telah ada ketentuan yang mengaturnya. Di antaranya terkait kondisi lingkungan, lokasi, ketinggian, dan lain-lain.

“Jadi, jangan sembarangan. Karena bisa mengganggu lingkungan sekitar yang berakibat bisa membuat kecelakaan orang. Kalau ada orang yang kecelakaan, siapa yang bertanggungjawab?" kata Daud Danda.

Lebih lanjut ia juga mengimbau agar semua pihak bersikap bijak serta dapat memahami dan mematuhi ketentuan tersebut 
Tak hanya papan nama. Sehubungan dengan perayaan HUT Kemerdekaan RI yang diperingati bulan Agustus ini, Daud Danda juga mengingatkan agar pihak-pihak yang memasang atribut seperti umbul-umbul di tepi jalan umum dapat memastikan keamanannya.

“Kita semua tentu wajib memeriahkan dan merayakan HUT Kemerdekaan RI setiap bulan Agustus, seperti sekarang. Misalnya seperti memasang bendera, umbul-umbul, dan lain-lain. Tapi tolong diperhatikan juga pemasangannya agar tidak menimbulkan hal-hal tidak diinginkan,” imbaunya.

Terpisah, pihak Alfamart yang dikonfirmasi terkait imbauan Kadishub Barsel tersebut, tim Corporate Communication Alfarmat Branch Banjarmasin, Mirza mengatakan, pihaknya siap mengikuti arahan mengenai pemasangan plang atau papan nama toko.

"Kita siap saja mengikuti apa yang di arahkan oleh Dinas Perhubungan, kalau itu harus di pindah kita siap mengikuti saja," kata Mirza, Jumat (5/8/2022) malam.

Pewarta : RHm/ Assjian
Sumber : Ir Daud Danda. MM/ Mirza

Posting Komentar

0 Komentar