Ticker

6/recent/ticker-posts

Tim Satgas Penerangan TMMD Imbau Nelayan Agar Tidak Merusak Ekosistem Air Saat Mencari Ikan


ekspostborneonews online /// Palangka Raya - Komunikasi Sosial (Komsos) merupakan metode pembinaan teritorial yang rutin dilakukan oleh para personel Satuan Tugas TMMD ke 115 Kodim 1016 Palangka Raya sebagai ajang silaturahmi dengan warga binaannya. 

Upaya membangun Komunikasi Sosial dengan seluruh masyarakat terus dilakukan, untuk mewujudkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat. Seperti halnya yang dilakukan oleh Satgas TMMD Kodim 1016 Palangka Raya melalui Tim Penerangan Koptu Agung Setiawan yang melaksanakan Komsos bersama nelayan diwilayah Kelurahan Petuk Katimpun, Kota Palangka Raya, Jumat (21/10). 

Koptu Agung Setiawan disela kegiatan Komsos juga memberi himbauan kepada warga dan nelayan agar selalu mewaspadai cuaca ketika melaksanakan aktifitas mencari ikan. Sebab cuaca saat ini tidak menentu, katanya. 

Ia juga memberikan sentuhan moril, guna memotivasi nelayan agar bersama-sama menjaga kelestarian sungai rungan sebagai mata pencarian para nelayan. Dengan tidak melaksanakan tindakan-tindakan yang dilarang, seperti mencari ikan dengan pukat harimau dan bom ikan, yang dapat merusak ekosistem air dan potensi ikan, ujarnya. 

Sementara itu Bapak Fauzi (42) selaku nelayan setempat mengatakan bahwa dari pendapatan tangkapan ikan lebih banyak waktu musim kemarau, namun bila masuk musim penghujan pendapatan sedikit tapi harga jual tinggi, musim kemarau paling sedikit pendapatan ikan per hari 10 kg dan bila musim banjir 1 atau 2 kg aja susah, cukup untuk makan sehari hari, ungkapnya. 

Fauzi berharap dengan adanya kegiatan TMMD dari TNI di Kelurahan Petuk Katimpun dapat mengatasi kesulitan para masyarakat bantaran sungai rungan, sehingga bisa menyampaikan keluh kesahnya kepada pemerintah setempat.

 ( Rahmadi MB )

Posting Komentar

0 Komentar