Ticker

6/recent/ticker-posts

GUBERNUR KALTENG DUKUNG PEMBERDAYAAN UMKM GO DIGITAL.

GUBERNUR DUKUNG PEMBERDAYAAN UMKM KALTENG GO DIGITAL
 
Ekspostborneonews.Online /  Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran, didampingi Penjabat Sekretaris Daerah (Pj. Sekda) Nuryakin, menghadiri Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (BI) Tahun 2021 secara virtual dari Ballroom Swiss-Belhotel Danum, Rabu (24/11/2021). 

Pertemuan tahunan BI 2021 yang mengangkat tema “Bangkit dan Optimis: Sinergi dan Inovasi untuk Pemulihan Ekonomi” serta dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan Gubernur BI Perry Warjiyo ini digelar secara langsung dan dipusatkan di Jakarta.

Membuka acara, Gubernur BI Perry Warjiyo dalam sambutannya menyampaikan bahwa BI memprakirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2022 akan mencapai 4,7-5,5%, dari 3,2-4,0% pada tahun 2021. Hal tersebut didorong oleh berlanjutnya perbaikan ekonomi global.

 “Sinergi kebijakan yang erat dan kinerja perekonomian tahun 2021 menjadi modal untuk semakin bangkit dan optimis akan pemulihan ekonomi Indonesia yang lebih baik pada tahun 2022,” kata Perry Warjiyo.

Selanjutnya, dalam forum tersebut Presiden Joko Widodo menyampaikan terima kasih atas peran BI dalam penanganan pandemi Covid-19 selama ini. BI bersama pemerintah dinilai memiliki peran penting dalam mengatur kebijakan selama pandemi karena pandemi Covid-19 memunculkan sejumlah masalah termasuk berkaitan dengan inflasi. 

Jokowi menegaskan pengendalian pandemi Covid-19 menjadi kunci untuk memulihkan ekonomi. Hal itu terlihat dari merosotnya pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal kedua dan ketiga.

 “Hal ini menjadi kunci dalam mengelola dampak varian Delta Covid 19 terhadap perekonomian nasional di 2021. Ke depan, saya mendorong dikembangkannya ekonomi hijau dan memperkuat digitalisasi ekonomi, khususnya UMKM,” harap Presiden.

Presiden Joko Widodo pun menyampaikan apresiasi atas sinergi dan komunikasi yang terjalin intens dan baik di antara jajaran otoritas, baik antara BI, OJK, LPS, dan Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Keuangan.

 “Saya kira, hal-hal yang prudent harus kita teruskan dengan kehati-hatian karena mamang ketidakpastian itu ada dimana-mana, sulit diukur, sulit dikalkulasi, tapi kuncinya menurut saya bagaimana mengendalikan pandemi di negara kita karena masalahnya semakin kompleks, ketidakpastian juga semakin tinggi,” ujar Jokowi.

Kepala Perwakilan BI Kalteng Rihando dalam sambutannya mengatakan perekonomian Kalteng sampai dengan Triwulan III Tahun 2021 pada level yang cukup baik. Pertumbuhan ekonomi menunjukkan trend positif sebesar 3,59% (yoy) sejak triwulan II tahun lalu hingga triwulan I tahun ini yang mengalami kontraksi yang cukup dalam. 

Sejalan pertumbuhan ekonomi yang terus positif, inflasi di Kalteng mulai menunjukkan peningkatan namun masih berada di kisaran target inflasi nasional. Tumbuhnya inflasi di Kalteng menunjukkan bahwa aktivitas perekonomian masyarakat mulai pulih dan upaya pemerintah daerah dalam mengendalikan pandemi telah berjalan dengan baik. 

BI melihat masih ada potensi daerah yang bisa dikelola untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Kalteng melalui peningkatan produktivitas dan kualitas komoditas ekspor melalui hilirisasi. Potensi kekayaan alam Kalteng yang belum diberdayakan secara optimal dapat menjadi penopang fundamental ekonomi yang bisa diandalkan. Di samping itu, ada sinergi optimalisasi peran UMKM dan pariwisata melalui pemanfaatan ekonomi digital.

Sementara itu, Gubernur Kalteng melalui Pj. Sekda Nuryakin menyampaikan harapan agar momentum pertumbuhan yang baik ini hendaknya perlu dijaga dan dipertahankan bersama. “Ciptakan kondisi yang kondusif, bekerja sama, bahu-membahu membangun ketahanan ekonomi yang kuat dan inklusif,” ungkap Gubernur.

Pemerintah Provinsi Kalteng mendukung segala upaya yang dilakukan oleh BI dalam membantu pemulihan ekonomi melalui program dan kebijakan yang dikeluarkannya. Gubernur pun menyambut baik dan mendukung sinergitas dan inovasi BI dan Pemprov Kalteng dalam pemberdayaan UMKM Kalteng Go Digital melalui situs belanjakalteng.com. 

“Dukungan dapat kita lakukan dengan membeli produknya, bangga memiliki dan memakai produknya, dan membantu memasarkan produk UMKM lokal ke masyarakat luas,” ucap Gubernur.

Dalam kesempatan tersebut, dilakukan penandatanganan Komitmen Bersama mendukung UMKM Kalteng Go Digital melalui belanjakalteng.com serta penyerahan Program Bantuan Sosial BI/PSBI-BI Kalteng kepada sejumlah UMKM. Turut hadir dalam kesempatan tersebut, sejumlah kepala lembaga perbankan dan kepala instansi vertikal di Kalteng. 

( Hd+Elis)



Posting Komentar

0 Komentar