Ticker

6/recent/ticker-posts

Kakanwil : Belajar Tak Kenal Usia


ekspostborneonews.online///Palangka Raya, Tuntutlah ilmu dari buaian sampai ke liang lahat, itulah ungkapan yang menggambarkan agar tidak berhenti mencari ilmu walaupun usia sudah tua. Belajar, termasuk didalamnya belajar baca tulis Al-Qur’an tidaklah mengenal batas usia. Hal itu disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah H. Noor Fahmi saat memimpin Khatmul Qur’an Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kanwil Kemenag periode bulan Januari 2022, Jum’at sore (28/01) di Aula utama Kanwil.

Menurutnya, kegiatan yang gencar dilaksanakan mulai bulan Januari tahun ini hendaknya menjadi motivasi bagi masing-masing ASN muslim baik Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) untuk gemar membaca Al-Qur’an. Pun menjadi motivasi bagi ASN yang belum terlalu lancar mengaji untuk belajar.

“Menuntut ilmu merupakan roh bagi kehidupan. Selama hidup hendaknya terus belajar dan menambah pengetahuan, dan itu tak mengenal batas usia. Untuk memfasilitasi hal ini, saya harap setiap selesai apel pagi Senin masing-masing ruangan yang ASNnya beragama Islam untuk tadarrusan,” ungkapnya saat memberi sambutan.

Ia juga berharap meskipun belum bisa bergabung dalam kelompok Tadarrus Al-Qur’an, ASN tersebut hendaknya tetap hadir saat acara khatmul Qur’an. Selain mendapat pahala saat mendengarkan ayat-ayat suci Al-Qur’an dikumandangkan, menurutnya yang paling penting adalah nilai kebersamaan dan silaturrahmi.

“Ditengah rutinitas bekerja dan menjalankan tugas, momen ini hendaknya juga menjadi sarana menjalin silaturrahmi antar ASN sehingga terjalin kebersamaan,” tambahnya.

Mantan Kakanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Selatan ini sangat mengapresiasi kegiatan Tadarrus Al-Qur’an dan Khatmul Qur’an yang dimotori Bidang Bimas Islam ini, ia juga berharap periode bulan Februari 2022 acara serupa di isi dengan tausiah. Penceramahnya boleh dari internal maupun dari luar Kanwil Kemenag. Dengan demikian diharapkan ASN juga dapat belajar banyak dari isi ceramah yang disampaikan penceramah. Hati yang senantiasa disirami pengetahuan agama akan berimbas positif terhadap kinerja secara keseluruhan.

Senada, Kepala Bagian Tata Usaha H. Tuani berharap ditengah rutinitas dan kesibukan bekerja, ASN Kemenag harus aktif berpartisipasi menghidupkan kegiatan dalam rangka pembinaan iman yang bernilai ibadah.

“Sebagai ASN kesadaran bahwa ada hidup setelah mati menjadi pintu mencari rahmat-Nya menuju jalan penuh keberkahan,” ujarnya.

Mantan Kepala Kemenag Kab. Barito Selatan ini juga berterima kasih ke berbagai pihak dan mengapresiasi atas terselenggaranya Tadarrus Al-Qur’an dan Khatmul Qur’an perdana ini. H. Tuani juga berkomitmen menindaklanjuti arahan Kakanwil termasuk terkait tadarrus Al-Qur’an setelah apel Senin pagi.

“Segera akan diterbitkan surat resmi untuk memfasilitasi hal tersebut,” tekadnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Bimas Islam H. Ardiansyah selaku koordinator menjelaskan kegiatan Tadarrus Al-Qur’an periode bulan Januari 2022 terdiri dari 3 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 30 orang dan masing-masing orang membaca minimal 1 juz dalam tempo waktu 1 bulan. Membaca Al-Qur’an dapat dilakukan di rumah masing-masing, setelah selesai membaca dapat melaporkan melalui grup WhatsApp Tadarrus Al-Qur’an.

“Setiap akhir bulan akan dilaksanakan acara Khatmul Qur’an. Besar harapan kami bulan depan kelompok tadarrusnya semakin bertambah. Dan kami siap menjalankan arahan Kakanwil dan Kabag TU,” tegasnya.

 (Manghadiboy)

 



Posting Komentar

0 Komentar