Ticker

6/recent/ticker-posts

Danramil Manuhing Hadiri Mediasi KTH Dalam Pengurusan Hutan Kemasyarakatan

ekspostborneonews.online /// Kabupaten, GUNUNG MAS - Danramil 1016-04 Manuhing Lettu Cpl Apolo Darmawan, SH menghadiri acara rapat mediasi antara Kelompok Tani Hutan (KTH) Kapakat Keluarga, KTH Kaharap Lewu, dan KTH Tumbang Jalemu Bersatu yang berlangsung di GPU Kelurahan Tumbang Telaken Kecamatan Manuhing Kabupaten Gunung Mas. 

Sebagai salah satu komponen teritorial, Komandan Koramil 1016-04 Manuhing diharapkan membantu setiap permasalahan yang ada ditengah masyarakat, salah satunya melalui jalur mediasi ketiga KTH, sehingga menghasilkan keputusan yang bisa diterima masing-masing pihak. 
Danramil 1016-04 Manuhing Lettu Cpl Apolo Darmawan menyampaikan, TNI bersama Tiga Pilar (Polri dan Pemda) akan terus meningkatkan keharmonisan dilingkup wilayah binaan, guna menunjang tugas pokok dan mendukung serta berpartisipasi aktif dalam pembangunan daerah khususnya di Kecamatan Manuhing. 

"Rapat mediasi ini untuk mempertemukan perwakilan dari ketiga belah pihak KTH untuk bergabung dalam mendorong perizinan perhutanan pola hutan kemasyarakatan (HKM)," kata Lettu Cpl Apolo Darmawan saat dikonfirmasi Penerangan Kodim, Selasa (22/2). 

Danramil mengatakan, Hutan Kemasyarakatan atau disingkat HKm adalah hutan negara yang pemanfaatannya ditujukan untuk pemberdayaan kesejahteraan masyarakat yang tinggal di dalam maupun di sekitar kawasan hutan. 

Adapun rapat mediasi menghasilkan kesepakatan, Mendelegasikan KTH Kapakat Keluarga untuk mengurus perijinan perhutanan pola hutan kemasyarakatan (HKM) dengan mengakomodir semua anggota kelompok KTH Kaharap Lewu dan Tumbang Jalemu Bersatu. Ujar Danramil. 

Hasil dari rapat mediasi menyatakan bahwa ketiga kelompok tani tersebut sepakat apabila ada potensi sawit yang masuk dalam usulan untuk membagi hasil sama rata kepada ketiga poktan, Tutup Danramil. 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Manuhing Bambang Hari Mulyanto, S,Sos, Perwakilan Dinas Kehutanan Mik, Kapolsek diwakili Bripka Doni Siregar, Lurah Tumbang Telaken, Kades Tumbang Jalemu dan ketua BPD, Pengurus KTH Kapakat Keluarga, Pengurus KTH Kaharap Lewu, dan Pengurus KTH Tumbang Jalemu Bersatu. 

Pewarta  :  Rahmadi
Sumber   :  Pendim 1016/Plk

Posting Komentar

0 Komentar