Ticker

6/recent/ticker-posts

Forestry And Other Land Use (FOLU) Net Sink 2030

 
Ekspostborneonews.onlina /// Palangka Raya - Babinsa Koramil 1016-02 Bukit Batu Peltu Klinius Jadiaman Kudadiri dampingi kegiatan Dirjen Pengelolaan Hutan Lestari, Balai Pengelolaan Hutan Produksi Wilayah 10 melaksanakan penanaman bibit dalam rangka Indonesia's Forestry and Other Land Use (FOLU) Net Sink 2030 sebagai Upaya Mitigasi Pengendalian Perubahan iklim Provinsi Kalimantan Tengah di Kelurahan Habaring Hurung Kecamatan Bukit Batu Kota Palangka Raya. 

Kegiatan yang dilaksanakan pada kamis (14/7) kemaren turut dihadiri Gubernur Kalteng yang diwakili Asisten 2 Ekbang, Kadis Kehutanan Prov Kalteng, Kadis Lingkungan Hidup Prov Kalteng, Kadis Lingkungan Hidup Kota Palangkaraya, Kepala Balai Konservasi Sumber daya Alam dan Ekosistem Kalimantan Tengah, Kepala Balai Taman Nasional Sebangau, Kepala Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan wilayah Kalimantan Tengah. 

Serta Kepala UPT KPHP Kahayan Tengah, Ketua Ikatan Pengusaha Kelapa Sawit Provinsi Kalimantan Tengah, Dekan Fakultas Pertanian, Program Studi Kehutanan Universitas Palangkaraya, Dekan Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, Camat Bukit Batu, Lurah Habaring Hurung, Kelompok Tani dan Karang Taruna Kelurahan Habaring Hurung. 

Babinsa Peltu Klinius mengatakan, betapa pentingnya melaksanakan penghijauan lingkungan, terlebih di kondisi pemanasan global saat ini dan guna menjaga stabilitas terhadap lingkungan. 

Selain sebagai sumber oksigen, pohon juga menjadi penyejuk di saat matahari bersinar dengan teriknya. Pohon juga memiliki manfaat dari berbagai sisi, karena memiliki banyak manfaat, menanam pohon dapat mengurangi dampak pemanasan global. Ujar Babinsa. 

“Pepohonan memiliki kemampuan menyerap emisi karbon yang merupakan penyebab pemanasan global, serta juga membantu penghijauan untuk mencegah banjir dan mengurangi dampak dari hujan, maka penting bagi kita untuk menanam pohon,” paparnya. 

“Selain itu manfaat pepohonan juga dapat berguna sebagai pemecah sirkulasi angin supaya udara tersebar merata dalam satu kawasan dan dapat mencegah erosi yang menyebabkan tanah longsor, dengan menanam pohon, kita membantu melestarikan ekosistem para makhluk hidup disekitarnya,” tukasnya. 

Selain itu, Babinsa juga meminta kepada seluruh lapisan masyarakat untuk ikut peduli dalam pelestarian tanaman pohon, sebab besar manfaatnya bagi kelangsungan hidup anak cucu kita sebagai penerus nanti. 

( Rahmadi MB )

Posting Komentar

0 Komentar